SUGAR SPICE & EVERYTHING NICE♥

Selasa, 02 November 2010

lingkungan pemasaran - eksternal makro


LINGKUNGAN PEMASARAN – EKSTERNAL MAKRO
Lingkungan eksternal dalam kegiatan pemasaran adalah pengaruh-pengaruh secara tidak langsung yang berada di luar kendali pasar. Lingkungan eksternal makro meliputi aspek :
1.       Kondisi perekonomian
Perekonomian adalah kondisi lingkungan luar yang berkaitan dengan persoalan keseimbangan penggunaan sumber daya yang terbatas oleh berbagai pihak untuk menjalankan kegiatan produksi. Pola atau struktur perekonomian dikendalikan oleh pemerintah dengan tujuan agar distribusi sumberdaya benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh warganegaranya. Pengendalian struktur ekonomi disetiap Negara tidaklah sama, system ekonomi pada Negara kapitalis biasanya lebih banyak dikendalikan oleh mekanisme pasar sedangkan pada Negara sosialis pemerintah turut ikut campur dalam pengendalian system ekonomi. Konsekuensi dari masing-masing system ekonomi di suatu Negara mempengaruhi kegiatan suatu perusahaan. Terdapat berbagai indicator yang dapat menjelaskan kegiatan ekonomi di suatu Negara adalah :
·         Pendapatan dan produk nasional (GNP, GDP, tingkat konsumsi)
·         Harga, upah, produktivitas (tingkat inflasi, index harga)
·         Investasi (industry, peralatan)
·         Tabungan (personal, bisnis)
·         Tenaga dan kesempatan kerja (jumlah TK, unemployment)
·         Kegiatan pemerintah (PJP, Pelita, APBN)
·         Transaksi internasional (neraca perdagangan, ekspor, impor)

2.       Hukum, Politik, dan Peraturan Pemerintah
Pemerintah mengendalikan semua kegiatan dan warganegaranya dengan berbagai hokum politik dan peraturan yang dapat memberikan peluang bagi pemasaran perusahaan tetapi juga merupakan pembatasan-pembatasan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengamati dan memahami dengan baik, hal yang harus diperhatikan adalah :
·         Hokum local, dagang, internasional
·         Badan abitrasi, hak cipta
·         Kestabilan dan resiko politik
·         Kebijakan moneter dan fiscal
·         Investasi dan industry
·         Perbankan dan perdagangan DN dan LN
·         Subsidi, proteksi dan pembatasan

3.       Kependudukan dan Keseimbangan Lingkungan
Kegiatan penduduk maupun perusahaan dalam usaha memenuhi kebutuhan tidaklah bebas menggunakan sumberdaya yang terbatas. Salah satu pengendali selain pemerintah adalah keseimbangan lingkungan. System lingkungan yang baik akan memberikan pula tempat kegiatan bagi warganya yang baik pula. Oleh karena itu, perlu dijaga keseimbangannya dengan baik.
·         Perubahaan jumlah dan komposisi penduduk
·         Distribusi pendapatan penduduk
·         Penyebaran dan kepadatan penduduk
·         Besar anggota dan siklus kehidupan keluarga
·         Persediaan SDA
·         Pencemaran dan ekosistem

4.       Teknologi
Kemajuan teknologi mempengaruhi besar perkembangan kegiatan proses produksi terhadap perusahaan. Untuk mengendalikannya, perusahaan perlu mengembangkannya sendiri yaitu semakin banyak pusat riset dan pengembangan teknologi dibangun oleh perusahaan. Perkembangan teknologi meliputi beberapa tahap :
·         Tahap teknologi baru atau inovasi
·         Tahap pengembangan teknologi
·         Tahap penggunaan teknologi

5.       Social dan kebudayaan
Kehidupan bermasyarakat yang mengendalikan hubungan anatr individu atau kelompok tidaklah tetap melainkan selalu berubah. Kemajuan kreativitas masyarakat yang semakin meningkat nilai-nilai manusia merupakan perkembangan budaya. Perkembangan social dan budaya memberikan pengaruh peluang sekaligus hambatan bagi perusahaan. Perkembangannya meliputi :
·         Kultur dan etos kerja
·         Konsep keluarga dan masyarakat
·         Perubahaan gaya hidup
·         Pendidikan dan kualitas kehidupan
·         Kehidupan religious
·         Globalisasi
·         Transportasi dan komunikasi

1 komentar:

  1. sumber : Budiarto,Teguh,Dasar Pemasaran,Universitas Gunadarma,1993

    BalasHapus

Selasa, 02 November 2010

lingkungan pemasaran - eksternal makro


LINGKUNGAN PEMASARAN – EKSTERNAL MAKRO
Lingkungan eksternal dalam kegiatan pemasaran adalah pengaruh-pengaruh secara tidak langsung yang berada di luar kendali pasar. Lingkungan eksternal makro meliputi aspek :
1.       Kondisi perekonomian
Perekonomian adalah kondisi lingkungan luar yang berkaitan dengan persoalan keseimbangan penggunaan sumber daya yang terbatas oleh berbagai pihak untuk menjalankan kegiatan produksi. Pola atau struktur perekonomian dikendalikan oleh pemerintah dengan tujuan agar distribusi sumberdaya benar-benar dimanfaatkan oleh seluruh warganegaranya. Pengendalian struktur ekonomi disetiap Negara tidaklah sama, system ekonomi pada Negara kapitalis biasanya lebih banyak dikendalikan oleh mekanisme pasar sedangkan pada Negara sosialis pemerintah turut ikut campur dalam pengendalian system ekonomi. Konsekuensi dari masing-masing system ekonomi di suatu Negara mempengaruhi kegiatan suatu perusahaan. Terdapat berbagai indicator yang dapat menjelaskan kegiatan ekonomi di suatu Negara adalah :
·         Pendapatan dan produk nasional (GNP, GDP, tingkat konsumsi)
·         Harga, upah, produktivitas (tingkat inflasi, index harga)
·         Investasi (industry, peralatan)
·         Tabungan (personal, bisnis)
·         Tenaga dan kesempatan kerja (jumlah TK, unemployment)
·         Kegiatan pemerintah (PJP, Pelita, APBN)
·         Transaksi internasional (neraca perdagangan, ekspor, impor)

2.       Hukum, Politik, dan Peraturan Pemerintah
Pemerintah mengendalikan semua kegiatan dan warganegaranya dengan berbagai hokum politik dan peraturan yang dapat memberikan peluang bagi pemasaran perusahaan tetapi juga merupakan pembatasan-pembatasan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengamati dan memahami dengan baik, hal yang harus diperhatikan adalah :
·         Hokum local, dagang, internasional
·         Badan abitrasi, hak cipta
·         Kestabilan dan resiko politik
·         Kebijakan moneter dan fiscal
·         Investasi dan industry
·         Perbankan dan perdagangan DN dan LN
·         Subsidi, proteksi dan pembatasan

3.       Kependudukan dan Keseimbangan Lingkungan
Kegiatan penduduk maupun perusahaan dalam usaha memenuhi kebutuhan tidaklah bebas menggunakan sumberdaya yang terbatas. Salah satu pengendali selain pemerintah adalah keseimbangan lingkungan. System lingkungan yang baik akan memberikan pula tempat kegiatan bagi warganya yang baik pula. Oleh karena itu, perlu dijaga keseimbangannya dengan baik.
·         Perubahaan jumlah dan komposisi penduduk
·         Distribusi pendapatan penduduk
·         Penyebaran dan kepadatan penduduk
·         Besar anggota dan siklus kehidupan keluarga
·         Persediaan SDA
·         Pencemaran dan ekosistem

4.       Teknologi
Kemajuan teknologi mempengaruhi besar perkembangan kegiatan proses produksi terhadap perusahaan. Untuk mengendalikannya, perusahaan perlu mengembangkannya sendiri yaitu semakin banyak pusat riset dan pengembangan teknologi dibangun oleh perusahaan. Perkembangan teknologi meliputi beberapa tahap :
·         Tahap teknologi baru atau inovasi
·         Tahap pengembangan teknologi
·         Tahap penggunaan teknologi

5.       Social dan kebudayaan
Kehidupan bermasyarakat yang mengendalikan hubungan anatr individu atau kelompok tidaklah tetap melainkan selalu berubah. Kemajuan kreativitas masyarakat yang semakin meningkat nilai-nilai manusia merupakan perkembangan budaya. Perkembangan social dan budaya memberikan pengaruh peluang sekaligus hambatan bagi perusahaan. Perkembangannya meliputi :
·         Kultur dan etos kerja
·         Konsep keluarga dan masyarakat
·         Perubahaan gaya hidup
·         Pendidikan dan kualitas kehidupan
·         Kehidupan religious
·         Globalisasi
·         Transportasi dan komunikasi

1 komentar:

  1. sumber : Budiarto,Teguh,Dasar Pemasaran,Universitas Gunadarma,1993

    BalasHapus